Wednesday, March 5, 2008

mendahulukan yang enak

saya ingat waktu saya baru menginjak bangku sd kelas 3. disekolah ada perpustakaan yang gelap dan jarang sekali di kunjungi oleh murid. saya sering sekali meminjam buku dari perpus tersebut terutama buku cerita. ya, memang saya tidak ingat semua tentang buku apa sajakah yang pernah saya baca, tapi beberapa cerita yang masih melekat kuat di benak pikiran saya.

ketika itu dikisahkan ada seorang pengangguran yang ingin mencari kerja sebut saja namanya karim. kemudian dia mendengar ada seorang petani kaya raya di desa sebrang, kemudian dia melamar pekerjaan kepada si petani kaya tersebut.singkat cerita, dia diterima bekerja ditempat tersebut sebagai seorang tukang kebun.

kemudian pada hari pertamanya itu si karim datang kekebun sangat pagi-pagi sekali, digambarkan disitu dia sedang membawa pacul dan tempat nasi. kemuian setelah dia tiba di kebun, dia melihat betapa luas kebunnya pak petani. sekarang pekerjaan yang ada dalam benak pikiran sikarim ada tiga macam yaitu kerja dulu atau makan dulu, setelah itu dia istirahat.

setelah beberapa lama dia merenung, kemudian dia tentukan yaitu pekerjaan yang pertamakali iya kerjakan adalah makan, kerja terus istirahat.

kemudian dia makan sampai kenyang, setelah makan dia merasa ngantuk dan dia memutuskan untuk tidur dulu sebentar. dak ketika dia bangun dia melihat hari sudah mulai gelap.

kemudian keesokan harinya dia mengulanginya lagi dan lagi. hingga pada suatu hari pak tani datang kekebun untuk mengecek kebunnya yang mau dicangkul, didalam benak pikirannya adlah kalo kebunnya sudah dicangkul luas dan siap untuk ditanami pohon baru. tapi setelah dia datang kesana dia teramat kaget melihat si karim yang sedang tidur dengan pulasnya dan kebunnya belum ada yang dicangkul satu jengkalpun.
dengan sangat marahnya si petani menendang si karim dengan kerasnya digambar digambarkan si karim lari terbirit-birit.

Template by : kendhin x-template.blogspot.com